Pengenalan Tentang PCB Kontrol Modul Video Pada TV

Posted on

PCB (Printed Circuit Board) atau papan sirkuit cetak yaitu salah sesuatu komponen penting dalam perangkat elektronik, tergolong dalam TV. PCB kendali modul video pada TV berperan selaku pengendali atau kendali dari komponen-komponen video yang ada di dalam TV.

Modul ini bertanggung jawab bagi mengambil sinyal video, mengolahnya, dan mengirimkannya ke layar TV sehingga pengguna sanggup melihat gambar yg dihasilkan. PCB kendali modul video pada TV berisikan sejumlah komponen elektronik, mirip transistor, resistor, kapasitor, IC (Integrated Circuit), dan komponen yang lain. Komponen-komponen ini tersusun secara terorganisir dan terhubung sesuatu sama lain melalui jalur tembaga yang tercetak di atas PCB.

PCB ini berfungsi selaku wadah atau media yang menghubungkan komponen-komponen tersebut sehingga sanggup melakukan pekerjaan bahu-membahu. Salah satu komponen terpenting pada PCB kendali modul video ialah IC. IC ini berfungsi selaku otak atau pengendali utama pada modul ini. IC tersebut biasanya mempunyai banyak pin atau kaki yg terhubung dengan komponen-komponen yang lain di PCB.

IC ini mulai mendapatkan sinyal video dari input TV, kemudian melaksanakan pemrosesan sinyal, dan mengantarkan sinyal yg sudah dimasak ke komponen-komponen yg lain dalam TV. Selain IC, komponen lain yg penting dalam PCB kendali modul video merupakan transistor.

Transistor ini berfungsi selaku pengontrol arus dan tegangan pada sinyal video.

Transistor ini mengontrol besarnya arus yang mengalir sehingga sinyal video sanggup dimasak dengan baik.
Transistor juga berfungsi untuk menguatkan sinyal video sehingga sanggup menjadikan gambar yg terperinci di layar TV. Resistor dan kapasitor juga merupakan komponen utama dalam PCB kendali modul video. Resistor ini berfungsi bagi mengendalikan arus listrik yang mengalir dalam PCB.

Resistor dipakai bagi menghalangi ajaran arus listrik sehingga tidak terjadi kerusakan pada komponen-komponen yg yang lain. Kapasitor berfungsi buat menyimpan muatan listrik dan membantu dalam mengontrol tegangan pada sinyal video. Selain komponen-komponen tersebut, masih banyak komponen yang lain yg ada dalam PCB kendali modul video. Komponen-komponen ini saling melaksanakan pekerjaan sama buat membuat gambar yg elok pada layar TV.

PCB ini juga dilengkapi dengan berbagai jalur tembaga yang menghubungkan komponen-komponen tersebut.
Jalur-jalur tembaga ini berfungsi selaku penghantar sinyal antara komponen-komponen sehingga sanggup melakukan pekerjaan sama dengan baik.

Proses pengerjaan PCB kendali modul video tidaklah gampang. Pada mulanya, rancangan PCB dibentuk memakai perangkat lunak rancangan PCB. Rancangan rancangan PCB ini berisi semua komponen yang hendak dipakai, posisi komponen, serta jalur-jalur tembaga yg mau menghubungkan komponen tersebut.

Setelah rancangan selesai, maka dilaksanakan proses fabrikasi PCB. Proses fabrikasi PCB meliputi beberapa tahapan, menyerupai pencetakan jalur-jalur tembaga pada PCB menggunakan fotoresist dan etsa tembaga yang tidak dikehendaki, pemasangan dan soldering komponen-komponen pada PCB, dan pengujian PCB untuk menetapkan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik.

Setelah PCB selesai dibikin, maka PCB tersebut sanggup dihubungkan dengan komponen lain dalam TV dan bersiap untuk dipakai. Dalam perkembangannya, PCB kendali modul video pada TV makin mutakhir dan mempunyai lebih banyak fitur.

Beberapa fitur perhiasan yang ada dalam PCB kendali modul video di sekarang ini antara yang lain fitur HDMI (High-Definition Multimedia Interface) untuk menghubungkan TV dengan perangkat yang lain, misalnya DVD player atau laptop, fitur USB buat memutar banyak sekali macam file multimedia, dan fitur konektivitas nirkabel ibarat Wi-Fi atau Bluetooth.

Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan menikmati konten video dengan lebih simpel dan simpel. Dalam kesimpulan, PCB kendali modul video pada TV ialah komponen penting yang berperan dalam mengontrol dan mengolah sinyal video sebelum ditampilkan di layar TV.

Modul ini terdiri dari aneka macam komponen elektronik yg sangat beragam, ibarat IC, transistor, resistor, dan kapasitor. Komponen-komponen ini melaksanakan pekerjaan sama dalam mengolah sinyal video, mengontrol arus dan tegangan, serta menghubungkan komponen-komponen yg lain di dalam TV.

PCB kendali modul video ini dibentuk lewat proses fabrikasi yg kompleks dan mesti melalui tahapan desain, pencetakan jalur tembaga, pemasangan komponen, dan pengujian.

PCB kendali modul video pada TV selalu mengalami kemajuan dengan adanya fitur-fitur tambahan menyerupai HDMI, USB, dan konektivitas nirkabel.

Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan menikmati konten video dengan lebih simpel dan praktis.

Sejarah Perkembangan PCB Kontrol Modul Video pada TV

Perkembangan PCB (Printed Circuit Board) kendali modul video pada TV yaitu salah sesuatu progres teknologi yg signifikan dalam industri elektronik.

PCB digunakan selaku dasar buat menempatkan komponen elektronik dan selaku penghubung antara komponen tersebut. PCB kendali modul video pada TV memainkan kiprah kunci dalam memproses sinyal video dan menciptakan output penampilan pada layar TV. Sejarah perkembangan PCB kendali modul video pada TV dimulai pada tahun 1930-an di ketika televisi pertama kali diperkenalkan.

Pada awalnya, televisi menggunakan komponen elektronik pasif menyerupai resistor, kapasitor, dan coil yg dirangkai dengan tangan dan dihubungkan sesuatu sama lain dengan kabel logam. Konstruksi manual ini merupakan proses yg rumit dan menyantap waktu, sehingga memerlukan tenaga kerja dan ongkos yg tinggi.

Pada tahun 1940-an, metode wire wrapping mulai digunakan buat merangkai komponen-komponen elektronik dalam TV.

Metode ini melibatkan pembebanan kabel logam yang dililitkan di sekeliling terminal kaki komponen dan dipoles memakai peralatan khusus. Wire wrapping memungkinkan konstruksi yang lebih cepat dan lebih efisien ketimbang metode manual sebelumnya.

Namun, meskipun perkembangan ini, metode wire wrapping masih terbatas dalam kapasitas dan kompleksitas. Pada tahun 1950-an, teknologi PCB mulai muncul selaku penyelesaian alternatif untuk merangkai komponen elektronik dalam TV.
PCB ialah substrat non-konduktif yang dilapisi dengan lapisan tembaga yg direka dengan pola jalur logam yg sanggup menghubungkan komponen-komponen elektronik.

PCB menunjukkan laba dalam hal kecepatan produksi, biaya, dan kemudahan perakitan.
Proses bikinan PCB melibatkan pencetakan pola jalur logam menggunakan teknik fotolitografi dan proses kimia bagi meniadakan pecahan-kepingan tidak memiliki kegunaan.

Setelah proses ini selesai, komponen elektronik sanggup dipasangkan dengan gampang pada pola jalur logam yg tersedia pada PCB. Pada tahun 1960-an dan seterusnya, perkembangan semikonduktor dan teknologi mikroelektronik makin membantu perkembangan PCB kendali modul video pada TV.

Penggunaan transistor selaku pengganti tabung vakum memungkinkan pengurangan ukuran dan konsumsi daya yang lebih efisien dalam TV.Teknologi semikonduktor dan mikroelektronik mengkonsumsi ruang yg lebih kecil daripada komponen elektronik pasif, sehingga makin mempermudah penggunaan PCB selaku platform untuk merangkai komponennya.

Selain itu, kenaikan kemampuan pemrosesan sinyal, mirip pengkodean warna PAL (Phase Alternation Line) dan NTSC (National Television System Committee), makin memerlukan PCB kendali modul video yang lebih kompleks dan padat.

Pada tahun-tahun selanjutnya, perkembangan teknologi bikin TV plasma, LCD, dan OLED yang mempunyai tampilan yang lebih baik dan lebih tipis.

Penggunaan PCB kendali modul video masih menjadi pecahan kunci dalam rancangan dan manufaktur TV gres ini.
Dengan makin majunya teknologi, PCB kendali modul video menjadi makin kecil dan lebih kompleks, dengan lebih banyak komponen semikonduktor yg terintegrasi dalam satu modul. Secara keseluruhan, pertumbuhan

PCB kendali modul video pada TV ialah perwujudan dari evolusi teknologi semikonduktor dan mikroelektronik.
Dari penggunaan komponen elektronik pasif yang dirangkai dengan tangan sampai penggunaan PCB yg dihasilkan secara massal, kemajuan ini sudah mempercepat bikinan, meminimalisir ongkos, dan memperbaiki mutu performa TV.

Dengan berlanjutnya inovasi dan pertumbuhan teknologi, kemajuan PCB kendali modul video pada TV mulai terus berlanjut.

Jenis-jenis PCB Kontrol Modul Video yg Generik Digunakan Pada TV

Jenis Modul Deskripsi
Modul Kontrol Video Merupakan jenis PCB yg bertanggung jawab untuk mengontrol pengaturan video pada perangkat elektronik, mirip kontras, kecerahan, saturasi warna, dan yang lain-yang lain.
Modul Konversi Analog ke Digital PCB ini berfungsi merubah sinyal video analog menjadi sinyal digital yang sanggup dimengerti dan diproses oleh perangkat elektronik terbaru, mirip TV, monitor, atau proyektor digital.
Modul Pemrosesan Gambar PCB ini dipakai buat memproses dan memodifikasi gambar video, ibarat merubah resolusi, menetralisir noise, memperbaiki kesalahan warna, atau memperbesar imbas pada gambar.
Modul Encoder/Decoder Video Jenis PCB ini digunakan buat melakukan enkripsi dan dekripsi sinyal video biar kondusif di dikala ditransmisikan atau diproses oleh perangkat lain.

Ada beberapa macam PCB kendali modul video yg biasa dipakai pada TV, antara yang lain:

  1. Mainboard: Ini ialah PCB utama yg mengendalikan hampir semua fungsi TV.Mainboard menghubungkan semua komponen internal TV mirip panel layar, tuner, audio, dan fungsi lainnya.Mainboard juga bertanggung jawab buat menertibkan dan memproses sinyal video yg diterima dari sumber-sumber ibarat antena, HDMI, atau USB.
  2. Power Supply Board: Modul daya ini bertanggung jawab untuk memasok listrik ke semua komponen TV. Ini juga menunjukkan tegangan yg cocok bagi mengoperasikan aneka macam pecahan dalam TV.
    Power supply board juga melindungi TV dari lonjakan listrik atau kerusakan lain yang terkait dengan daya.
  3. Inverter Board: Ini merupakan PCB yang digunakan pada TV dengan panel LCD. Inverter board mengontrol pencahayaan backlight pada TV. Ini mengontrol tingkat kecerahan dan kontras layar LCD.
  4. T-Con Board: T-Con (Timing Control) board menghubungkan mainboard dengan panel layar TV.
    T-Con board mengontrol pemikiran data dan sinyal video ke setiap pixel di panel layar. Ini menetapkan penampilan gambar yg sesuai dan mengontrol waktu respons piksel.
  5.  Audio Board: PCB ini bertanggung jawab buat memproses dan menguatkan sinyal audio yg diantarke speaker TV. Audio board juga mengontrol volume dan mutu bunyi yang dihasilkan.
  6. Logic Board: PCB ini mengontrol fungsi logika TV ibarat tombol pengendalian, pengaturan, dan menu. Logic board juga mengintegrasikan sinyal dan mengontrol kinerja lazim TV.
  7. WiFi/Bluetooth Board: Beberapa TV dilengkapi dengan modul WiFi atau Bluetooth yang disematkan dalam PCB terpisah.

Modul ini memungkinkan TV terhubung ke jaringan WiFi atau perangkat Bluetooth yang yang lain buat saluran internet, streaming video, atau membuatkan data. Krusial untuk dicatat bahwa macam PCB dan modul yang digunakan pada TV mampu bervariasi tergantung pada merek dan model TV tertentu.

Faktor-faktor yg Mempengaruhi Kinerja PCB Kontrol Modul Video pada TV

Pengertian PCB Kontrol Modul Video
PCB (Printed Circuit Board) kendali modul video pada TV merupakan komponen utama dalam proses pengantaran sinyal video dari sumber masukan (mirip antena atau perangkat pemutar video) ke layar TV. Kinerja PCB kendali modul video sanggup dipengaruhi oleh beberapa aspek yang hendak diterangkan dalam postingan ini.

Desain PCB: Desain PCB yang manis sangat utama untuk menetapkan kinerja yg optimal. Faktor-aspek yg mempengaruhi rancangan PCB kendali modul video termasuk:

  1. Rute sirkuit yg efisien: Rute sirkuit yg efisien meminimalkan panjang jalur lintasan dan melindungi jalur-jalur dari interferensi elektromagnetik (EMI). Hal ini utama alasannya yaitu EMI sanggup mengganggu mutu sinyal video.
  2. Penempatan komponen yg tepat: Penempatan komponen yang cocok dalam PCB sanggup menghemat panjang jalur sirkuit dan meminimalkan interferensi antar komponen.Selain itu, penempatan yg tidak tepat juga sanggup menimbulkan panas yg berlebihan, menimbulkan kerusakan pada komponen dan berpeluang mempengaruhi kinerja PCB.
  3. Penggunaan lapisan grounding dan power plane yang mencukupi: Lapisan grounding yang cukup menolong buat meminimalisir noise sinyal dan interferensi elektromagnetik.
  4. Penggunaan power plane yang cantik juga penting untuk memutuskan pasokan daya yang adekuat ke komponen-komponen pada PCB.
  5. Kualitas komponen elektronik: Kualitas komponen elektronik yg digunakan dalam PCB kendali modul video juga menghipnotis kinerjanya. Komponen berkualitas rendah atau rusak sanggup mengakibatkan gangguan sinyal atau bahkan kerusakan pada PCB. Tegangan yang tidak stabil, komponen yg tidak sesuai dengan perangkat atau usia pemakaian yang lama sanggup menjadi faktor yg mengurangi mutu kinerja PCB.
  6. Keandalan soldering: Penyolderan yg jelek atau kurang tepat sanggup mengakibatkan duduk masalah pada PCB, ibarat kekerabatan sinyal yg tidak stabil atau kebocoran arus pada sirkuit. Solder yg tidak mencukupi juga sanggup menyebabkan kerusakan mekanis pada komponen dan PCB.
  7. Temperatur operasional: PCB kendali modul video pada TV juga sanggup dipengaruhi oleh suhu operasional.
    Suhu yg terlalu tinggi sanggup menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik dan PCB. Untuk menetapkan kinerja yang bagus, perlu menjaga suhu operasional yang stabil di dalam TV.
  8. Lingkungan elektromagnetik: Faktor lingkungan juga mensugesti kinerja PCB kendali modul video. Interferensi elektromagnetik dari perangkat elektronik lain atau gangguan listrik sanggup mempengaruhi mutu sinyal video yg dikirim ke layar TV. Oleh karena merupakan itu, penting bagi PCB kendali modul video buat mempunyai rancangan yg mencukupi bagi mengurangi interferensi dan mengatasi gangguan listrik.
  9. Proteksi terhadap kerusakan listrik: PCB kendali modul video pada TV juga perlu melindungi terhadap kerusakan listrik, menyerupai lonjakan tegangan atau arus berlebih. Perlindungan yang bagus, ibarat penggunaan varistor atau fuse, sanggup meminimalkan kerusakan yang mungkin terjadi pada PCB di dikala terjadi gangguan listrik.
  10. Perawatan dan pemeliharaan yg baik: Perawatan dan pemeliharaan yang elok juga penting untuk menetapkan kinerja PCB kendali modul video pada TV. Ini tergolong membersihkan PCB secara terstruktur bagi menetralisir debu dan kotoran yg sanggup mengusik kinerja.

Selain itu, perlu diamati bahwa komponen yg rusak atau tidak berfungsi perlu diganti atau diperbaiki secepatnya. Dalam kesimpulan, kinerja PCB kendali modul video pada TV sanggup dipengaruhi oleh rancangan PCB yg bagus, mutu komponen elektronik, keandalan soldering, suhu operasional, lingkungan elektromagnetik, perlindungan terhadap kerusakan listrik, dan perawatan dan pemeliharaan yang baik.

Dengan memikirkan faktor-faktor ini, sanggup diharapkan kinerja PCB kendali modul video yang maksimal pada TV.

Peran PCB Kontrol Modul Video pada TV

Komponen-komponen PCB Kontrol Modul Video

Peran PCB kendali modul video pada TV sungguh penting dalam pengoperasian dan fungsi keseluruhan dari televisi.
PCB kendali modul video bertugas bagi mengatur gambar dan video yang ditampilkan di layar TV.

Dalam artikel ini, kalian mulai menunjukan kiprah PCB kendali modul video, serta komponen dan fungsi utama yg terdapat pada modul ini. PCB (Printed Circuit Board) kendali modul video merupakan suatu papan sirkuit elektronik yg mengontrol dan mengatur tata cara video pada TV.

Modul ini berisikan beberapa komponen elektronik yang melakukan pekerjaan sama untuk menyajikan mutu gambar yg anggun terhadap pengguna. Salah sesuatu komponen utama pada PCB kendali modul video ialah mikrokontroler.

Mikrokontroler ialah chip kecil yg berfungsi selaku otak dari metode. Ia mengendalikan setiap faktor dari penampilan video, mulai dari kecerahan, kontras, kepadatan piksel, sampai resolusi layar.

Mikrokontroler juga bertanggung jawab buat mengolah sinyal video yg masuk dan mengontrol tampilan gambar sesuai dengan preferensi pengguna. Komponen lain yg penting dalam PCB kendali modul video yaitu IC (Integrated Circuit) pengolah sinyal video.

IC ini berfungsi untuk merubah sinyal analog menjadi sinyal digital sehingga sanggup diproses dan ditampilkan dengan baik di layar.

IC pengolah sinyal video juga mempunyai fitur-fitur perhiasan menyerupai penghematan noise, peningkatan kecerahan, dan pembiasaan warna sehingga gambar yang ditampilkan lebih terperinci dan detail. Selain itu, terdapat juga komponen-komponen penunjang menyerupai transistor dan kondensator.

Transistor dipakai untuk menguatkan sinyal video sebelum masuk ke IC pengolah sinyal, sedangkan kondensator berfungsi untuk menyimpan dan mengantarkan daya listrik yg diperlukan oleh modul ini. Kedua komponen ini berperan utama dalam mempertahankan mutu dan ketepatan proses pemrosesan sinyal video. Salah sesuatu kiprah utama PCB kendali modul video yaitu mengendalikan dan mengontrol panel kendali TV.

Panel kendali ialah pecahan dari TV yang berisi tombol-tombol dan pengaturan yg memungkinkan pengguna bagi merubah preferensi performa video mereka.

PCB kendali modul video menghubungkan panel kendali dengan mikrokontroler dan menyodorkan isyarat dari pengguna ke prosesor utama TV.

Dengan adanya modul ini, pengguna sanggup mengontrol kecerahan, kontras, balans warna, hingga mode performa yang diharapkan dengan simpel. Selain itu, PCB kendali modul video juga berperan dalam konversi dan pemrosesan sinyal video yg masuk.

Modul ini mendapatkan sinyal video dari sumbernya, mirip tuner TV atau perangkat lain yang terhubung ke TV, dan mengubahnya menjadi format yg sanggup ditampilkan di layar.

Proses konversi ini dijalankan oleh IC pengolah sinyal video dan mikrokontroler pada PCB. Selain itu, modul ini juga sanggup mengembangkan mutu sinyal video, menghemat atau menetralisir noise, hingga mengontrol kecepatan frame rate biar sesuai dengan penampilan yang diharapkan oleh pengguna.

Penemuan Terbaru PCB Kontrol Modul Video untuk TV

Jenis-jenis PCB Kontrol Modul Video

Penemuan terbaru dalam PCB (Printed Circuit Board) kendali modul video untuk TV merupakan pengembangan teknologi yg lebih maju untuk memajukan mutu performa dan pengalaman menonton TV. Salah satu penemuan terbaru yaitu penggunaan teknologi video 4K atau Ultra High Definition (UHD).

PCB kendali modul video yg ditingkatkan sanggup mendukung resolusi 4K, yang melebihi resolusi HD biasa. Resolusi 4K memamerkan rincian yang lebih tajam, warna yang lebih kaya, dan kontras yang lebih tinggi, sehingga pengalaman menonton TV menjadi lebih kongkret dan mendalam. Selain itu, inovasi yang yang lain ialah penggunaan High Dynamic Range (HDR) dalam PCB kendali modul video.

Teknologi HDR mengembangkan mutu performa dengan meningkatkan kontras dan kecerahan gambar secara dinamis, sehingga rincian gambar yang terang dan gelap sanggup diperlihatkan dengan lebih jelas. Penemuan terbaru juga tergolong pemberian bagi teknologi Dolby Vision atau HDR10+, yg yaitu patokan HDR yg lebih canggih.

Dengan menggunakan PCB kendali modul video yang mencukupi, TV sanggup mendukung Dolby Vision atau HDR10+ buat menampilkan tampilan HDR yang lebih baik dengan gambar yang lebih terang, warna yang lebih akurat, dan kontras yg lebih tinggi. Selain itu, PCB kendali modul video sanggup mendukung teknologi penghematan noise dan artefak yg lebih baik, sehingga menciptakan gambar yang lebih halus dan bebas dari distorsi.

Teknologi ini menolong meningkatkan mutu penampilan pada gambar dengan gerakan cepat, ibarat olahraga atau agresi film. Ini merupakan beberapa pola penemuan terbaru dalam PCB kendali modul video bagi TV.

Dengan selalu berkembangnya teknologi, kalian sanggup menginginkan pengembangan lebih lanjut di masa depan yg mau mendatangkan pengalaman menonton TV yg lebih baik dan membuat puas.

Konklusi 

Tren pertumbuhan teknologi PCB (Printed Circuit Board) pada modul kendali video di masa depan pada TV sungguh dipengaruhi oleh pertumbuhan teknologi yg ada di ketika ini.

Dalam bertahun-tahun terakhir, telah terjadi kenaikan pesat dalam teknologi PCB yg digunakan dalam perlengkapan elektronik, tergolong TV. Salah satu tren perkembangan PCB merupakan peningkatan dalam kepadatan sirkuit yang ada pada PCB.

Teknologi semikonduktor selalu meningkat , dengan kian banyak komponen yang sanggup diintegrasikan dalam chip tunggal.

Dengan demikian, PCB sanggup menjadi lebih kecil dan lebih efisien secara energi. Hal ini mempunyai pengaruh pada modul kendali video di TV, yang kemungkinan mulai menjadi lebih ringkas dan lebih kuat. Selain itu, tren yang yang lain merupakan kenaikan dalam konektivitas dan kemampuan nirkabel pada PCB.

TV masa depan kemungkinan akan mempunyai kemampuan bagi terhubung dengan jaringan internet dan perangkat nirkabel yang yang lain.

PCB pada modul kendali video mulai diperluas buat mendukung konektivitas ini, dengan kenaikan dalam jumlah port dan fitur nirkabel. Selanjutnya, penggunaan material yang lebih ramah lingkungan dan teknologi manufaktur yang lebih efisien juga menjadi tren dalam perkembangan PCB di masa depan.

Material PCB yg lebih ramah lingkungan, mirip materi daur ulang dan materi berteknologi tinggi, mulai dipakai buat meminimalisir efek negatif pada lingkungan.

Selain itu, teknologi manufaktur yang lebih efisien, menyerupai printer 3D dan teknik manufaktur presisi tinggi, mulai memungkinkan bikinan PCB yg lebih cepat dan lebih efisien. Secara keseluruhan, tren perkembangan teknologi

PCB pada modul kendali video di masa depan pada TV ialah peningkatan dalam kepadatan sirkuit, peningkatan konektivitas dan kemampuan nirkabel, penggunaan material yang lebih ramah lingkungan, dan penggunaan teknologi manufaktur yang lebih efisien.

Semua ini mulai mempunyai pengaruh pada pengalaman menonton yg lebih baik dan perangkat yang lebih berpengaruh dan efisien.

Referensi :

Modul video pada TV sanggup merujuk pada banyak sekali komponen atau teknologi, tergolong pemrosesan video, codec, dan fitur yg lain yg berafiliasi dengan mutu gambar dan tampilan visual pada layar TV. Berikut yaitu beberapa pola yang sanggup menolong Anda mengetahui lebih lanjut perihal modul video pada TV:

  1. “Television and Video Engineering” oleh A. M. Dhake.
  2. “Television Production Handbook” oleh Herbert Zettl.
  3. Jurnal ilmiah mirip “IEEE Transactions on Broadcasting” atau rapat menyerupai “International Symposium on Broadband Multimedia Systems and Broadcasting” menyuguhkan artikel dan makalah ilmiah terkait teknologi video.
  4. “Digital Image Processing” oleh Rafael C. Gonzalez dan Richard E. Woods.
  5. “Video Processing and Communications” oleh Yao Wang dan Jörn Ostermann.

Pastikan untuk merujuk pada sumber pemberitahuan yang berkaitan dengan keperluan dan minat Anda, dan senantiasa memperhatikan tutorial pabrikan untuk rincian spesifik perihal modul video pada TV tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *